Blog

Cara Mengajarkan Gerakan Wudhu Pada Anak

Administrator - Selasa, 26 Oktober 2021 03:14 WIB

Setiap orang tua muslim wajib memahami cara mengajarkan gerakan wudhu pada anak. Sebab wudhu adalah syarat sah shalat sehingga pemahaman mengenai wudhu harus sudah diajarkan sejak kecil.

Pasti Anda sepakat bahwa pelajaran agama sangat penting untuk diajarkan pada anak sejak usia dini. Karena dengan begitu anak akan terbiasa dan tidak berat untuk melakukannya ketika remaja.

Hal ini juga termasuk pada mengajarkan tentang wudhu. Orang tua harus mampu menemukan cara yang tepat agar anak mudah mengingat dan memahami urutan gerakan wudhu.

Gambar Gerakan Wudhu

Salah satu cara termudah untuk mengajarkan anak tentang wudhu adalah melalui gambar. Berikut ini adalah beberapa alasan yang membuat mengajarkan wudhu menggunakan gambar lebih mudah dilakukan.

  1. Lebih Mudah Diingat Oleh Anak

Salah satu syarat dari wudhu adalah melakukannya sesuai urutan. Oleh karena itu Anda harus membuat anak mengingat setiap bagian yang harus dibasuh beserta urutannya dalam wudhu.

Cara mengajarkan gerakan wudhu pada anak menggunakan gambar akan mempermudah melakukan hal ini. Sebab dengan gambar anak akan memiliki visual mengenai bagian-bagian tersebut beserta urutannya.

  1. Bisa Dilakukan Kapan Saja

Belajar mengenai gerakan wudhu menggunakan gambar bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Hal ini akan mempermudah proses pembelajaran dan membuat anak lebih paham tata cara wudhu.

Gambar Anak Tata Cara Berwudhu

Untuk mengajarkan anak mengenai gerakan wudhu menggunakan gambar, maka dibutuhkan gambar tata cara wudhu. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih gambar tata cara wudhu terbaik.

  1. Penuh Warna

Karena digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak-anak, sebaiknya memilih gambar yang penuh warna. Sehingga anak-anak lebih tertarik untuk mempelajarinya dan membuat proses belajar gerakan wudhu lebih mudah.

  1. Ilustrasi yang Jelas

Pastikan Anda memilih gambar dengan ilustrasi yang jelas sebagai media belajar gerakan wudhu. Dengan begitu anak akan lebih mudah mengerti mengenai bagian tubuh yang harus dibasuh saat wudhu.

Gambar Wudhu Anak Perempuan

Ketika mengajar gerakan wudhu, perlu memperhatikan apakah anak Anda laki-laki atau perempuan. Sehingga Anda bisa membelikan gambar ilustrasi gerakan wudhu yang sesuai dengan anak Anda.

Sebab cara mengajarkan gerakan wudhu pada anak perempuan dan laki-laki sedikit berbeda. Anda juga perlu memberikan pembelajaran mengenai aurat dan cara membasuh bagian tubuh dengan baik.

Contohnya adalah dalam membasuh rambut, maka bagi perempuan tidak bisa melakukannya seperti laki-laki. Perempuan harus memperhatikan sekitar agar tidak menunjukkan bagian rambut pada orang lain.

Begitu juga dengan bagian-bagian tubuh lainnya seperti tangan, telinga dan juga kaki. Dengan menggunakan gambar wudhu anak perempuan, Anda akan lebih mudah mengajarkan hal ini. 

Tata Cara Wudhu untuk Anak

Mengajarkan tata cara wudhu untuk anak sebenarnya gampang-gampang susah. Terlebih jika Anda langsung mengajarkannya dengan praktik langsung. Anak akan cenderung bermain air dibanding memahami tata cara wudhu.

Oleh karena itu Anda perlu mengajarkannya melalui media lain terlebih dahulu. Salah satu media yang mudah digunakan adalah gambar. Terlebih anak kecil cenderung menyukai gambar sehingga proses pembelajaran bisa menyenangkan.

Dengan menggunakan gambar, Anda bisa mengajarkan tata cara wudhu dengan lebih mudah. Sehingga ketika praktik, anak bisa langsung melakukan gerakan wudhu tanpa harus bermain air.

Wudhu adalah salah satu hal penting bagi umat Islam karena merupakan syarat sah sholat. Oleh karena itu perihal wudhu sebaiknya diajarkan kepada anak dari usia sedini mungkin. 

Tentunya orang tua harus memahami cara yang tepat untuk mengajarkan gerakan wudhu. Anda bisa menggunakan gambar sebagai cara mengajarkan gerakan wudhu pada anak agar lebih mudah melakukannya.

Bagikan :